Masamba – Kegiatan rapat perihal evaluasi angkutan udara perintis dan safey meeting ke-2 periode tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 23-25 Maret 2022 di Hotel Harper Kota Makassar. Kegiatan rapat ini dalam rangka pengawasan dan penyelenggaraan kegiatan angkutan udara perintis,  serta  menindaklanjuti  program  kerja  Safety  Forum  Kantor  Otoritas  Bandar Udara  Wilayah  V mengenai usulan rute baru tahun 2023.

 

Kegiatan rapat evaluasi ini dihadiri oleh para kepala/pimpinan penyelenggara bandar udara selaku Ketua Safety Action Group (SAG) sebagai satu kelompok khusus yang bertanggung jawab terhadap safety di masing-masing area bandar udara di bawah naungan Kantor Otoritas  Bandar Udara Wilayah V Makassar.

 

Otoritas  Bandar Udara Wilayah V Makassar meminta Para Kepala/Pimpinan Penyelenggara Bandar Udara selaku Ketua Safety Action Group (SAG)  melakukan safety assessment yang terdiri dari identifikasi hazard, mitigasi dan tindak lanjut penyelesaiannya pada bandar udara masing-masing dan mempresentasikan  hasil  safety  assessment  dalam  rapat  tersebut.

 

Salah Satu Kepala/Pimpinan Penyelenggara Bandar Udara selaku Ketua Safety Action Group (SAG) di Bandar Udara Andi Jemma Masamba, Bapak Ahmad Syaifuddin menyampaikan bahwa “masih ada pergerakan hewan di sisi udara baik hewan liar maupun hewan ternak masyarakat sekitar hal ini dapat menyebabkan kerusakan pesawat yang sedang bergerak disisi udara, Selaku Kepala Bandar Udara Andi Jemma saya telah meminta rekan – rekan Avsec melakukan mitigasi resiko yakni dengan menjalankan pengawasan secara rutin terhadap masuknya hewan liar maupun ternak di sisi udara,untuk tindak lanjut yang akan kami lakukan

yakni memperbaiki pagar pembatas sisi udara dan menutup semua akses yang dapat dilewati hewan liar maupun ternak masyrakat ke sisi udara”

 

Kerusakan pagar di sisi udara bandar udara andi jemma disebabkan oleh banjir yang melanda pada bulan juni tahun 2020 lalu,hal ini menyebabkan rusaknya pagar di sisi udara dan menjadi Hazard sampai sekarang. Perbaikan pagar bandar udara Andi Jemma tengah dilakukan namun untuk menjaga keselamatan penerbangan selama proses perbaikan maka dilakukan pengawasan rutin di sisi udara.

 

Kegiatan rapat Evaluasi berikutnya membahas perihal usulan rute penerbangan pada tahun 2023, Kepala Bandar Udara Andi Jemma mengusulkan untuk menambah jumlah penerbangan dimana sebelumnya rute  Masamba – Rampi terjadwalkan pada tahun 2022 minimal melakukan penerbangan lima kali dalam seminggu menjadi enam kali dalam seminggu dengan estimasi 12 orang penumpang dalam sekali terbang dan berat angkutan 1000 Kg untuk kargo, juga menambah rute Masamba – Seko yang terjadwalkan pada tahun 2022 minimal melakukan penerbangan lima kali dalam seminggu menjadi enam kali dalam seminggu dengan estimasi 12 orang penumpang dalam sekali terbang dan berat angkutan 1000 Kg untuk kargo.

 

Kepala Bandar Udara Andi Jemma juga mengusulkan untuk menambah Rute baru yakni Masamba menuju Toraja yang masih menunggu hasil Evaluasi untuk tindak lebih lanjut. Dengan adanya penambahan penerbangan dan rute baru diharapkan dapat membantu menyejahterakan masyarakat terutama Masyarakat di Kabupaten Luwu Utara.