MASAMBA – Siap disuntik vaksin Covid-19, Kasubsi Teknik Operasi Keamanan & Pelayanan Darurat, Bapak Basuki Rahmat menjamin vaksin tersebut aman. Oleh karena itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut untuk disuntik vaksin dan tidak mendengar berita-berita hoaks.

Bapak Basuki menegaskan Pemerintah menjamin keamanan vaksin Covid-19 yang akan didistribusikan dan digunakan oleh masyarakat. Kepastian tersebut antara lain melalui otorisasi penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kedua lembaga tersebut telah mengkaji efektivitas, keamanan, efikasi, serta kehalalan vaksin Covid-19.

“Jangan percaya dengan berita Hoaks, bila mengatakan Vaksin tidak aman,Masyarakat harus percaya kepada pemerintah bahwa Vaksin ini aman dan halal” tegas bapak basuki, saat mengikuti Kegiatan Vaksin di Puskesmas Masamba, Jummat (12/3/21).

Kegiatan Vaksin ini dilaksanakan Oleh seluruh pegawai bandara andi jemma baik pegawai ASN maupun Pegawai PPNPN. Pegawai ASN yang berjumlah 16 orang dan Pegawai PPNPN 50 orang, total pegawai keseluruhannya 56 orang.

Kegiatan wajib Vaksin ini berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pasal 14 PERMEN Kesehatan Nomor 10 tahun 2021 berbunyi "Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin COVID-19 berdasarkan pendataan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 wajib mengikuti Vaksinasi COVID19 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan"