Unit A2b Bandara Andi Jemma tengah melakukan Maintance terhadap kendaraan Pemadam Kebakaran jenis F2.Alat berat seperti truk pemadam kebakaran diproduksi dari rangkaian komponen bergerak, yang pasti akan mengalami penurunan performa seiring waktu. Truk memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga agar komponen mesin dan bagian lainnya tetap bekerja optimal.

Semua truk memiliki satu kesamaan, yaitu membutuhkan tune-up untuk memastikan kondisi operasional yang optimal dan menghindari kerusakan.

Perawatan meliputi performa mesin yakni Downtime, tanda masalah pada mesin karena adanya asap yang berlebihan, tekanan oli berkurang, dan tenaga mesin gembos. Tes kompresi memberikan gambaran mesin bertahan sampai berapa lama. Selain itu, pantaulah temperatur mesin, kondisi oli dan tekanannya. Periksalah semua bagian mesin yang memiliki seal, bushing, dan bearing.

Adapun juga korosi yang perlu diantisipasi Korosi adalah alasan kuat kenapa suatu kendaraan harus diistirahatkan lebih awal dari perkiraan operasionalnya. Berikut cara memperpanjang umur kendaraan alat berat dari korosi.

  1. Lakukan pengecatan ulang pada bodi mulai dari pengelupasan cat lama, pendempulan, aplikasi cat dasar hingga cat utama.
  1. Cuci truk setiap seminggu sekali untuk menjaga efek kerusakan kontaminan ke lapisan cat primer dan logam yang tidak dicat. Selain itu, pastikan untuk menjaga talang air pada bagian truk dari kotoran yang menyumbat.
  2. Semprotkan cairan penetran atau anti karat pada engsel dan lubang kunci untuk melindungi peralatan mekanik dari karat.
  3. Cuci truk segera setelah kehujanan yang dapat merusak lapisan pelindung cat.
  4. Hindari truk melewati genangan air besar karena hal ini mengumpulkan kontaminan bersama dengan kotoran dan debu yang dapat menimbulkan korosi parah pada bagian bawah kendaraan.

Jangan lupa untuk Penggantian suku cadang yang usang membutuhkan spare part pengganti, namun sulit didapat karena pabrikan sudah tidak memproduksinya lagi. Simpanlah suku cadang yang masih bisa digunakan untuk dump truk lain. Beli produk dengan garansi seumur hidup atau setidaknya lima tahun. Untuk Sedia payung sebelum hujan dengan membuat daftar part yang mungkin akan rusak dan sulit sekali ditemukan di pasaran.