LUWU UTARA- Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Andi Jemma adalah salah satu UPBU yang menjalankan kegiatan penerbangan perintis, banyak khalayak umum belum mengerti betul apa itu UPBU. UPBU sendiri adalah unit dari Direktorat Jenderal perhubungan udara kementrian perhubungan yang bertugas untuk melaksanakan pelayanan jasa penerbangan dan jasa terkait bandar udara, keselamatan, keamanan dan ketertiban penerbangan pada bandar udara yang belum diusahakan secara komersial.

Kegiatan penerbangan dari UPBU sendiri masih banyak yang beroperasi dengan penerbangan perintis.Lalu apa itu penerbangan perinitis?

Penerbangan perintis adalah kegiatan angkutan udara niaga dalam negeri yang melayani jaringan dan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain dan secara komersial belum menguntungkan.

penerbangan perintis yang beroperasi di UPBU andi jemma menggunakan jasa penerbangan dari maskapai SUSI AIR. Penerbangan perintis tidak hanya untuk para penumpang namun ada pula penerbangan perintis kargo, dengan adanya penerbangan perintis kargo diharapkan dapat menurunkan disparitas harga-harga barang pokok di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini adalah program pemerintah pusat sebagai perwujudan dari kehadiran negara untuk menjawab persoalan di daerah yang terisolir.