Masamba – Bandara Andi Jemma telah mengoperasikan posko terpadu angkutan udara lebaran tahun 2022.Posko yang berada di area Terminal lobi kerangkatan Bandara ini akan beroperasi selama 16 hari atau sampai dengan 10 Mei 2022 mendatang dan diresmikan pada Senin (25/4/2022).Posko ini berfungsi untuk melakukan pemantauan terhadap operasional bandara agar berjalan dengan baik, lancar, dan kondusif.

"Keberadaan posko ini bertujuan untuk menjamin kesiapan atas fasilitas penunjang operasional dan layanan bandara bagi para pengguna jasa, Posko ini melibatkan unsur internal Bandara Andi Jemma dan unsur eksternal, antara lain terdiri dari  TNI dan Polri.

 
Dikatakannya, melalui posko terpadu ini diharapkan koordinasi antar seluruh stakeholder di Bandara Andi Jemma akan lebih mudah dilakukan, sehingga arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai prinsip Safety, Security, Service dan Compliance terhadap regulasi penerbangan, " ujar Kepala Unit Avsec Bandar Udara Andi Jemma Musbir dalam keterangannya.

"Dari sisi SDM, sebanyak 46 orang petugas per shift akan disiagakan untuk menunjang pelaksanaan posko terpadu ini," ujar Musbir.Saat ini, pihak Bandara  memang belum menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 gratis dan layanan tes COVID-19 (RT-PCR dan rapid tes antigen) di area bandara.

Namun sesuai ketentuan dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI No.48 Tahun 2022 yang terbit tanggal 19 April 2022, bagi pelaku perjalanan domestik yang telah divaksinasi dosis ketiga atau booster tidak wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR atau antigen.

Bagi mereka yang baru divaksinasi dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid antigen (1x24 jam) atau hasil negatif tes RT-PCR (3x24 jam). Sementara calon penumpang yang baru divaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR (3x24 jam).