Masamba – Tim Evaluasi perintis penerbangan Bandara Andi Jemma berkunjung ke Bandara Tanjung Api Ampana pada 01 November 2021 kemarin. Rapat Koordinasi Dihadiri oleh Kepala Bandara Andi Jemma Ahamad Syaifuddin bersama tim penerbangan perintis bandara andi jemma dan Kepala Bandara Tanjung Api Ampana beserta pegawai bandara Ampana.

 

Kegiatan rapat ini membahas perihal tercapainya jumlah target penumpang penerbangan perintis dari rute Ampana ke Palu maupun rute sebalikanya. Dari hasil data Angkutan Udara Bandara Andi Jemma selaku Koordinator wilayah perintis bahwa terjadi penurunan penumpang perintis rute Palu Ampana maupun sebaliknya.

 

“Penyebab turunnya penumpang penerbangan perintis rute Ampana ke Palu maupun Sebaliknya adalah karena mahalnya syarat penerbangan di masa covid – 19 ini, diamana penumpang diwajibkan melakukan Tes PCR maupun Swab untuk syarat wajib terbang hal ini berimbas pada harga tiket penerbangan, ” ujar Fitrajaya Sewu selaku Kepala Bandara Tanjung Api Ampana.

 

Dengan masalah tersebut maka Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Penerbangan Perintis akhirnya disepakati menemukan titik terang sebagai berikut :

 

  1. Perubahan Harga tiket semula Rp.291.000 menjadi 247.000
  2. Ditambahkannya Jadwal penerbangan rute Palu ke Ampana maupun rute sebaliknya menjadi dua kali dalam seminngu
  3. Sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 bahwa tes PCR dan test antigen tidak berlaku untuk penerbangan perintis.

 

Dengan kebijakan hasil Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Rute Penerbangan Perintis ini diharapkan penerbangan rute Palu ke Ampana maupub rute sebaliknya dapat mencapai target penumpang penerbangan perintis