MASAMBA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Perusahaan Daerah (Perusda) Simpurusiang dengan pihak Bandara Andi Djemma, Masamba, Rabu (06/03/2019).

Penantadanganan itu merupakan bagian dari pengembangan program jembatan angkutan udara cargo perintis. Sehingga pesawat subsidi Susi Air kembali dapat mengudara di langit Bumi Lamaranginan sebutan dari Kabupaten Luwu Utara.

"Tahun ini subsidi angkutan udara akan melayani lebih banyak melayani penerbangan," kata Kepala UPB Bandara Andi Djemma Masamba, Muh Sabu.

Adapun pesawat Susi Air tersebut akan melayani lima rute penerbangan pulang pergi, diantaranya :

- Rute Masamba-Seko, 516 penerbangan
- Rute Masamba-Rampi, 516 penerbangan
- Rute Seko-Palu, 172 penerbangan
- Rute Seko-Tana Toraja, 86 penerbangan
- Rute Rampi-Tana Toraja, 86 penerbangan

"Total target penerbangan kita yaitu 1.380 dengan jumlah penumpang yang diangkut sekitar 13.800," tambah Muh Sabu.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, di tahun 2019 ini pihaknya menyerahkan pengelolaan angkutan perintis cargo ke Perusda Simpurusiang.

"Diserahkan kepada perusda, agar 1.036 ton Jumlah yang diberikan kepada Pemkab Luwu Utara dapat terkelolah secara maksimaldan diperuntukan untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Dia pun menyampaikan jika terjadi peningkatan angka penerbangan di Bandara Andi Djemma.

"Kita sama ketahui bersama pada tahun sebelumnya hanya ada sekitar 1.000 penerbangan, alhamdulillah kali ini meningkat menjadi 1.380 penerbangan. Dan dengan hadirnya program jelas sangat membantu masyarakat," tutur Indah Putri.

(bds)

Sumber : https://makassar.sindonews.com/berita/22213/4/susi-air-layani-5-rute-penerbangan-cargo-di-bandara-andi-djemma